Kamis, 27 Mei 2010

YUK AJAK ANAK MEMASAK

Sesekali perlu juga mengajak anak-anak memasak bersama di dapur. Tujuannya agar anak bisa mengenal bahan-bahan makanan dan membuat mereka semakin kreatif.
Anak jadi lebih menghargai setiap masakan yang dibuat oleh ibunya. Apalagi dengan tahu prosesnya dan mereka ikut membantu, akan menjadi kegiatan yang menyenangkan.
Pada dasarnya anak-anak suka dengan kegiatan mengaduk telur, memegang tepung, karena hal itu merupakan pengalaman yang menyenangkan. Mungkin anda pernah mengalami, ketika suatu saat akan membuat kue, si anak jadi ingin tahu dan mau ikut membantu. Meski mungkin nantinya ibu agak terganggu, tapi tak ada salahnya tetap mengizinkan anak turut mengenal bahan-bahan masakan tersebut.
Bagi anak yang tidak suka makan sayur, dengan mengajaknya memasak sayuran tersebut, mungkin akan membuat si kecil tertarik untuk menikmatinya. Khusus untuk anak balita, si ibu bisa melakukannya dengan cara sambil mendongeng. Misalkan akan memasak sup jagung. Sembari mengolahnya ibu bisa menceritakan seorang ksatria mencari harta karun, kemudian jagungnya diibaratkan sebagai emas. Buatlah suasana memasak yang penuh keceriaan dan izinkan si anak ikut membantu.
Untuk anak balita, misalkan mereka mau ikut memotong, beri saja pisau mainan. Ajarkan juga untuk mencuci sayuran dan sebagainya. Namun bagi anak usia 9 – 12 tahun, bisa memberi diperkenalkan kepada alat-alat yang sebenarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar