Kamis, 27 Mei 2010

AYAH DAN IBU HARUS KOMPAK

Dibandingkan dulu, ibu zaman sekarang sudah banyak yang aktif bekerja di luar rumah. Dulu para ayah bisa berdalih tanggungjawab pengasuhan anak berada di puncak ibu, karena ibu yang lebih banyak di rumah. Namun untuk zaman sekarang, dibutuhkan kerjasama dan kekompakkan antara ayah dan ibu dalam mengasuh anak.
Siapa bilang ibu yang bekerja nggak bisa jadi ibu yang baik? Asal tetap memberikan waktu buat anak, memberi nutrisi yang baik, dan mengenali emosi anak, tetapi bisa menjadi ibu yang baik.
Ayah dan ibu harus kompak dan berbagi waktu untuk anak-anak. Ketika ayah sedang sibuk, ibu yang harus meluangkan waktu untuk anak. Sebaliknya, ketika ibu sibuk, ayah pun harus mau berbagi. “Ketika saya harus keluar kota atau sibuk kegiatan, anak-anak biasanya dengan ayahnya. Tetap bercerita juga dengan ayahnya.
Ayah memang harus dilibatkan dalam pola asuh, sehingga tanggungjawab mengasuh anak tidak hanya berada di pundak ibu saja. “Anak-anak yang berhasil, biasanya ayahnya juga ikut pengasuhan. Anak-anak yang suka sekolah, mengambil contoh dari ayahnya.
Bahwa prestasi akademik akan tertular dari pengasuhan ayah, sementara kasih sayang lebih banyak dari ibunya.
Ibu zaman sekarang, dituntut multifungsi. Karier iya, tapi rumah juga harus rapid dan anak-anak pun terawatt dengan baik.
Anak yang sedang bercerita seyogyanya orangtua memberikan perhatian pada cerita yang disampaikan anak. Menurut Vanda, anak yang bercerita bisa mengekspresikan hati dan emosinya. Dan orangtua bisa memberikan masukan balik yang positif secara langsung untuk perkembangan anak agar menjadi anak yang sehat dan percaya diri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar