Kamis, 27 Mei 2010

Bikin Anak Ceria

Tidak hanya sehat dan pintar, orangtua juga harus membuat anak selalu ceria. Anak bisa tumbuh ceria, jika orangtua tidak menjejali dengan larangan dan sering memarahi anaknya. Sementara demi mengoptimalkan tumbuh kembang anak, dibutuhkan nutrisi dan stimilasi yang berbeda-beda pada setiap tahapan usia. Pada 3 tahun pertama merupakan masa penting dalam perkembangan otak, fisik, kesehatan saluran pencernaan, dan tulang. Tahap pertumbuhan ini akan terus berlanjut hingga anak menginjak usia pubertas.
Namun seringkali orangtua merasa khawatir dan pusing menghadapi anak yang tidak doyan makan. Ada 2 faktor yang mempengaruhi anak nafsu makan, yaitu factor psikologis dan organic(berupa kelainan atau gangguan pada tumbuh kembang anak).tapi yang terbanyak factor psikologis. Yang utama, buat waktu makan menjadi waktu yang menyenangkanbagi anak. Selain nutrisi tak kalah penting pemberian stimulasi.
Pendekatan stimulasi yang diberikan harus menggunakan pedoman 4B, yaitu Belai, Bicara, Bermain yang melibatkan aktivitas fisik untuk bereksplorasi dan bergerak aktif, dan Bermain yang melibatkan pikiran untuk merangsang si buah hati dapat berpikir dan mencari solusi. Ikatan emosional dengan anak bisa dating dari seringnya orangtua memberikan belaian, pelukan, bermain sehingga memberikan rasa aman dan perhatian.
Secara psikologis, tahapan perkembangan anak usia 1-3 tahun berbeda dengan anak usia 3-6 tahun. Pada usia 1-3 tahun, anak tengah mengembangkan kepercayaan dirinya. Sedangkan anak usia 3-6 tahun, tengah melatih kemampuannya untuk memilih dan berfikir aktif sehingga stimulasi yang diberikan oleh orangtua pun haqrus presisi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar