Kamis, 27 Mei 2010

Jangan Terfokus pada Tes IQ

Jangan pernah berkecil hati jika mendapati hasil tes IQ anak jeblok. Tes IQ hanya salah satu tes untuk mengetahui kecerdasaan logika dan bahasa. Sementara soal kecerdasan, menurut Thomas Amstrong, semua anak memiliki delapan kecerdasan dengan kadar berbeda-beda.
Orangtua perlu mengembangkan delapan kecerdasan majemuk, seperti kecerdasan mengolah kata, cerdas mempersepsi apa yang dilihat, cerdas keterampilan olah tubuh dan gerak, cerdas musik, cerdas dalam sains dan matematika, cerdas memahami pikiran dan peka mengenali perasaan orang lain, diri sendiri, cerdas alam. Jika logika dan bahasa lemah, masih ada enam kecerdasaan yang mungkin menonjol.
Peran orangtua ketika anak masih dibawah umur 7 tahun adalah memberikan sebanyak mungkin stimulasi untuk delapan kecerdasan. Sehingga jika lemah di logika atau bahasa, mungkin ada kecerdasaan dibidang lain, seperti musik. Pada usia tersebut orangtua juga berperan untuk pemograman karakter anak dan membentuk anak jenius.
Tes IQ bisa menunjukkan anak berprestasi di sekolah, namun bukan berarti berprestasi dalam hidupnya. Masih banyak pekerjaan yang tidak berkaitan dan di luar kecerdasan IQ.banyak factor yang mendukung anak sukses. Tinggal bagaimana menggali potensi anak.
Fungsi Otak :
Otak kiri : Otak kanan :
1.kata 1. konseptual
2.angka 2. irama
3.garis 3. gambar
4.analisa 4. warna
5.logika 5. dimensi
6.daftar 6. imajinasi
7.hitungan 7. melamun
8.ingatan jangka pendek 8. ingatan jangka panjang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar