Kamis, 27 Mei 2010

Ibu Harus Pandai Mengatur Makanan

Ibu memegang peranan penting dalam mengatur jalannya sebuah keluarga, termasuk mengatur makanan, terutama bagi anak-anak. Tujuannya agar anggota kelurga menjadi sehat sepanjang usia. Caranya antara lain dengan mengatur pola makan sehat, yang mencakup jumlah sesuai kebutuhan, jadwal yang teratur 3 kali sehari, dan jenis yang bervariasi.
Biasanya anak sulit untuk makan sehinnga menjadi kurus, atau sebaliknya obesitas ( kelebihan berat badan). Keduanya sama-sama tidak sehat. Untuk menghindari terjadinya keadaan itu ibu harus pintar mengatur makan untuk anak-anaknya.
Pada anak yang sulit makan, ibu harus kreatif memberikan variasi makanan agar anak mau makan dirumah. Jangan kalah dengan jajanan diluar rumah. Sementara jika anaknya obesitas, ibu jangan memberikan makanan yang bervariasi, agar konsumsi makan anak tidak berlebihan dan nafsu makan tidak berkurang.
Ibu yang memiliki bayi agar jangan mengenalkan gula dan garam terlalu dini. Maksudnya agar kelak dewasa tidak terlalu terbiasa mengkonsumsi banyak gula dan garam yang terbukti menyebabkan penyakit jika digunakan berlebihan.
Konsumsi gula idealnya rata-rata 3 sendok perhari. Padahal banyak gula yang bersembunyi didalam makanan. Contohnya seperti kue, nasi, buah atau minuman ringan lainnya. Untuk konsumsi buah, seharusnya perhari dibutuhkan 5 porsi buah dan sayur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar