Kamis, 27 Mei 2010

Sederet Khasiat Pacar Air

Tumbuhan pacar air memiliki nama latin Impatiens balsamina. Tumbuhan ini berasal dari Asia Selatan dan Asia Tenggara. Diperkenalkan di Amerika pada abad ke-19, merupakan tanaman tahunan atau dua tahunan dan memiliki bunga yang bewarna putih, merah, ungu, atau merah jambu. Bentuk bunganya menyerupai bunga anggrek yang kecil.
Sebagai tanaman obat, pacar air memiliki kandungan kimia dan farmakologis yang bisa menyembuhkan penyakit tertentu. Efek farmakologis yang ada pada tumbuhan ini terasa pahit, hangat, sedikit toxic(beracun).sementara kandungan kimia yang ada pada tumbuhan ini terutama yang ada dalam bunga Anthocyanins, Cyanidin, Delphinidin, Pelargonidin, Malvidin, Kaempherol, Quercetin. Dan diakarnya adalah Cyanidin mono-glycoside.bagian-bagian pacar air yang dapat digunakan selain akar dan bunga adalah daun juga bijinya.

Kegunaan :
1.Biji berguna sebagai peluruh haid, mempermudah persalinan (Parturifasien), kanker saluran pencernaan bagian atas.
2.Bunga berguna untuk peluruh haid, mengakhiri kehamilan (Abortivum) dipakai bunga warna putih, pembengkakan akibat terpukul (haematom), rhematik sendi, bisul(furunculolsis), gigitan ular, radang kulit (dermatitis).
3. Daun berguna untuk menyembuhkan keputihan (Leucorrhoea), tulang patah / retak (Fracture), mengurangi rasa nyeri (Analgetik).
4.Akar berguna juga untuk peluruh haid, anti-inflamasi (antiflogistik = anti radang), rheumatic, tertusuk tulang / benda asing di kerongkongan.

Pemakaian Luar :
Pembengkakan, bisul, rheumatic, radang kulit : Lumatkan bunga pacar air segar, tempelkan ditempat yang sakit. Daun juga bias digunakan dengan menempelkan ditempat yang sakit atau direbus, untuk memcuci luka dan daunnya ditempelkan ke tempat yang sakit.

Kontradiksi :
Tumbuhan ini dilarang dikonsumsi wanita hamil

Efek samping :
Pada pemakaian lama, mulut akan terasa kering, mual, nafsu makan menurun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar