Kamis, 27 Mei 2010

MENU PENCEGAH KANKER

Ada beberapa menu pencegah kanker. Beberapa di antaranya adalah :
1. Untuk Anak
• Berikan beberapa tetes klorofil dan campur dengan madu satu sendok makan. Ditambah dengan jus yang dikonsumsi setiap hari.
2. Untuk Wanita :
• Temu mangga direbus dengan jahe. Bisa diberikan gula asam dan gula jawa sedikit. Fungsinya untuk mencegah kanker dan bagi mereka yang sudah terkena kanker, bisa menghambat pertumbuhannya.
• Temu putih bisa digunakan tetapi rasanya sedikit pahit. Temu mangga bisa juga dicampur dengan madu, tetapi campur jika rebusan temu mangga sudah dingin
3. Untuk Pria
• Temu mangga direbus dan dicampur dengan gula. Boleh gunakan gula yang banyak agar rasanya seperti sirup mangga, tetapi penggunaan gula yang banyak tidak direkomendasikan. Untuk mempermanis bisa gunakan gula aren atau jawa atau madu setelah dingin.
Catatan :
• Konsumsi vitamin C dosis tinggi setiap hari
• Konsumsi klorofil atau makanan yang mengandung klorofil. Yang mudah ditemukan adalah cincau.
Makanan yang harus dihindari penderita kanker :
1. Makanan yang mengandung kadar lemak dan protein tinggi seperti daging berwarna merah
2. Daging yang dibakar atau diasap. Hasil pembakaran akan menghasilkan senyawa quinon dan benzopirene yang sifatnya merangsang pertumbuhan sel kanker.
3. Makanan yang digoreng dengan suhu tinggi. Minyak goreng merupakan minyak jenuh dan lemak trans yang berbahaya dalam pembentukan radikal bebas.
4. Daging kaleng
5. Makanan yang telah tercemar racun kapang (mitoksin)
6. Umbi-umbian seperti ubi jalar dan kentang yang sudah bertunas dan bebercak kehijauan di mata tunas.
7. Makanan yang mengandung food additivies. Yang masuk dalam food additivies adalah bahan pengawet, penyedap masakan, pemanis dan pewarna buatan.
8. Ikan asin dan telur asin
9. Sayuran seperti taoge, cabai, bayam, daun papaya dan daun singkong
10. Buah-buahan seperti durian, nangka, kopi dan minuman berlakohol
11. Minuman seperti soda, es, cokelat, kopi dari minuman beralkohol
12. Bahan makanan yang mengandung pestisida.

Makanan yang dianjurkan bagi penderita kanker
1. Sayuran dan biji-bijian : beberapa sayuran dan biji-bijian mengandung zat-zat yang berfungsi untuk mencegah kanker. Karena tiap jenis memiliki kandungan yang berbeda, maka perlu mengkonsumsi sayur atau biji-bijian secara bervariasi. Seperti brokoli, kubis, kubis merah, sawi, lobak, kembang kol, wortel, buncis, daun papaya, daun singkong, bayam, terung, kedelaidan olahannya seperti tempe dan tahu, merica, ketam hitam, jagung atau menir jagung, kacang hijau, dan kacang merah.
2. Lauk Pauk : Yang aman bagi penderita kanker yaitu ayam kampong, ikan teri, telur ayam kampong, tahu tempe, ikan wader, ikan nila, ikan mas, ikan gurami, ikan lele, ikan bawal. Seluruh ikan harus direbus atau dikukus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar