Kamis, 27 Mei 2010

JANGAN ANGGAP ENTENG KEMANGI

Kemangi atau basil dalam bahasa Inggrisnya mempunyai harum yang khas sehingga sering digunakan untuk masakan, seperti lalapan mentah. Aroma wangi daun kemangi memang mengundang selera makan serta menyegarkan bau mulut. Selain melezatkan hidangan, rupanya daun kemangi berperan menyuburkan sperma dan meningkatkan kualitas sperma.
Daun kemangi mengandung senyawa arginine yang terbukti mampu memperkuat masa hidup sperma, mencegah kemandulan dan menurunkan gula darah. Kemangi juga mengandung zat yang mampu merangsang terbentuknya hormone androgen dan estrogen.
Manfaat kemangi tidak berhenti sampai disini, zat flavonoid seperti orientin dan vicenin di dalam kemangi mampu melindungi struktur sel tubuh. Sedangkan flavonoid seperti cineole, myrcene dan eugenol mempunyai manfaat sebagai antibiotik alami dan anti peradangan. Kemangi juga kaya akna betakaroten dan magnesium, mineral penting yang berfungsi menjaga dan memelihara kesehatan jantung.
Selain itu, minyak esensial dari kemangi terbukti menghambat pertumbuhan beberapa jenis bakteri termasuk bakteri yang kebal antibiotik. Minyak kemangi telah terbukti menghambat pertumbuhan dan penyebaran staphylococcus, enterococcus, pseudomonas, bakteri e, coli dan jenis lainnya.
Eugenol, yang terkandung dalam minyak kemangi, mempunyai efek antiperadangan dengan cara menghambat enzim cyclooxygenase. Aspirin dan ibuprofen juga bekerja dengan menghambat hormon ini. Jadi, kemangi mempunyai manfaat penyembuh dan bisa meredakan gejala-gejala gangguan peradangan, seperti radang sendi dan peradangan usus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar