Kamis, 27 Mei 2010

Jangan Larang Anak Gunakan Tangan Kiri

Seringkali, dengan alasan kurang sopan, orangtua melarang anaknya menggunakan tangan kiri untuk berbagai keperluan. Padahal membiarkan anak menggunakan tangan kiri bias menstimulasi penggunaan otak kanan.
Menghambat penggunaan tangan kiri berarti menghambat penggunaan otak kanan.padahal otak kiri dan kanan harus seimbang dan terus dikembangkan. Sampai usia 3 tahun, sebaiknya anak dibiarkan saja menggunakan tanggan kirinya seperti tangan kanan. Setelah usia 3 tahun, anak bias diberi pengertian bahwa tangan kanan lebih sopan. Mengapa 3 tahun? Karena pertumbuhan percabangan sel otak paling cepat sejak kehamilan 6 bulan sampai anak berumur 3 tahun. Sel otak janin sudah tumbuh dan berkembang sejak bulan pertama didalam kandungan, kemudian membelah dengan cepat mencapai 100 miliar sel.
Lalu mengapa otak kanan dan kiri harus seimbang? Karena keduanya memiliki fungsi yang berbeda. Otak kiri tertama mengendalikan aktivitas yang bersifat teratur, berurutan, rinci, sustematis dan matematis. Sedangkan otak kanan terutama mengendalikan aktivitas yang bersifat berpikir, divergen (meluas), imajinatif, ide-ide, kreatifitas, emosi, musik, spiritual, intuisi, abstrak, bebas, simultan.
Oleh karena itu, jika kita menginginkan anak dengan kecerdasan multiple, harus dilakukan perangsangan atau stimulasi sejak dini, sejak dalam kandungan sampai umur 3 tahun terus menerus, setiap hari da teratur serta merangsang otak kiri dan kanan bersama-sama.

AYAH DAN IBU HARUS KOMPAK

Dibandingkan dulu, ibu zaman sekarang sudah banyak yang aktif bekerja di luar rumah. Dulu para ayah bisa berdalih tanggungjawab pengasuhan anak berada di puncak ibu, karena ibu yang lebih banyak di rumah. Namun untuk zaman sekarang, dibutuhkan kerjasama dan kekompakkan antara ayah dan ibu dalam mengasuh anak.
Siapa bilang ibu yang bekerja nggak bisa jadi ibu yang baik? Asal tetap memberikan waktu buat anak, memberi nutrisi yang baik, dan mengenali emosi anak, tetapi bisa menjadi ibu yang baik.
Ayah dan ibu harus kompak dan berbagi waktu untuk anak-anak. Ketika ayah sedang sibuk, ibu yang harus meluangkan waktu untuk anak. Sebaliknya, ketika ibu sibuk, ayah pun harus mau berbagi. “Ketika saya harus keluar kota atau sibuk kegiatan, anak-anak biasanya dengan ayahnya. Tetap bercerita juga dengan ayahnya.
Ayah memang harus dilibatkan dalam pola asuh, sehingga tanggungjawab mengasuh anak tidak hanya berada di pundak ibu saja. “Anak-anak yang berhasil, biasanya ayahnya juga ikut pengasuhan. Anak-anak yang suka sekolah, mengambil contoh dari ayahnya.
Bahwa prestasi akademik akan tertular dari pengasuhan ayah, sementara kasih sayang lebih banyak dari ibunya.
Ibu zaman sekarang, dituntut multifungsi. Karier iya, tapi rumah juga harus rapid dan anak-anak pun terawatt dengan baik.
Anak yang sedang bercerita seyogyanya orangtua memberikan perhatian pada cerita yang disampaikan anak. Menurut Vanda, anak yang bercerita bisa mengekspresikan hati dan emosinya. Dan orangtua bisa memberikan masukan balik yang positif secara langsung untuk perkembangan anak agar menjadi anak yang sehat dan percaya diri.

YUK AJAK ANAK MEMASAK

Sesekali perlu juga mengajak anak-anak memasak bersama di dapur. Tujuannya agar anak bisa mengenal bahan-bahan makanan dan membuat mereka semakin kreatif.
Anak jadi lebih menghargai setiap masakan yang dibuat oleh ibunya. Apalagi dengan tahu prosesnya dan mereka ikut membantu, akan menjadi kegiatan yang menyenangkan.
Pada dasarnya anak-anak suka dengan kegiatan mengaduk telur, memegang tepung, karena hal itu merupakan pengalaman yang menyenangkan. Mungkin anda pernah mengalami, ketika suatu saat akan membuat kue, si anak jadi ingin tahu dan mau ikut membantu. Meski mungkin nantinya ibu agak terganggu, tapi tak ada salahnya tetap mengizinkan anak turut mengenal bahan-bahan masakan tersebut.
Bagi anak yang tidak suka makan sayur, dengan mengajaknya memasak sayuran tersebut, mungkin akan membuat si kecil tertarik untuk menikmatinya. Khusus untuk anak balita, si ibu bisa melakukannya dengan cara sambil mendongeng. Misalkan akan memasak sup jagung. Sembari mengolahnya ibu bisa menceritakan seorang ksatria mencari harta karun, kemudian jagungnya diibaratkan sebagai emas. Buatlah suasana memasak yang penuh keceriaan dan izinkan si anak ikut membantu.
Untuk anak balita, misalkan mereka mau ikut memotong, beri saja pisau mainan. Ajarkan juga untuk mencuci sayuran dan sebagainya. Namun bagi anak usia 9 – 12 tahun, bisa memberi diperkenalkan kepada alat-alat yang sebenarnya.

JANGAN ANGGAP ENTENG KEMANGI

Kemangi atau basil dalam bahasa Inggrisnya mempunyai harum yang khas sehingga sering digunakan untuk masakan, seperti lalapan mentah. Aroma wangi daun kemangi memang mengundang selera makan serta menyegarkan bau mulut. Selain melezatkan hidangan, rupanya daun kemangi berperan menyuburkan sperma dan meningkatkan kualitas sperma.
Daun kemangi mengandung senyawa arginine yang terbukti mampu memperkuat masa hidup sperma, mencegah kemandulan dan menurunkan gula darah. Kemangi juga mengandung zat yang mampu merangsang terbentuknya hormone androgen dan estrogen.
Manfaat kemangi tidak berhenti sampai disini, zat flavonoid seperti orientin dan vicenin di dalam kemangi mampu melindungi struktur sel tubuh. Sedangkan flavonoid seperti cineole, myrcene dan eugenol mempunyai manfaat sebagai antibiotik alami dan anti peradangan. Kemangi juga kaya akna betakaroten dan magnesium, mineral penting yang berfungsi menjaga dan memelihara kesehatan jantung.
Selain itu, minyak esensial dari kemangi terbukti menghambat pertumbuhan beberapa jenis bakteri termasuk bakteri yang kebal antibiotik. Minyak kemangi telah terbukti menghambat pertumbuhan dan penyebaran staphylococcus, enterococcus, pseudomonas, bakteri e, coli dan jenis lainnya.
Eugenol, yang terkandung dalam minyak kemangi, mempunyai efek antiperadangan dengan cara menghambat enzim cyclooxygenase. Aspirin dan ibuprofen juga bekerja dengan menghambat hormon ini. Jadi, kemangi mempunyai manfaat penyembuh dan bisa meredakan gejala-gejala gangguan peradangan, seperti radang sendi dan peradangan usus.

MANFAAT WARNA WARNI BUAH DAN SAYUR

Warna pada buah dan sayur bukanlah sekadar pembeda jenis antara buah dan sayur yang satu dengan yang lainnya. Lebih dari itu, warna buah dan sayur ternyata merupakan informasi kandungan nutrisinya. Jadi, pilihlah buah dan sayuran yang secara optimal bisa memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Untuk itu sebaiknya kenali informasi yang ada di balik warna-warnanya.
1.Merah tua atau ungu
Buah dan sayur berwarna merah tua, bahkan hampir mendekati ungu, umumnya mengandung anthocyanin. Ini adalah sejenis antioksidan yang mampu menghambat terbentuknya gumpalan dalam pembuluh darah, sehingga risiko penyakit jantung dan stroke, berkurang.

2.Merah
Buah berwarna merah mengindikasikan kandungan antosianin dan likopen. Antosianin berguna untuk mencegah infeksi dan kanker kandung kemih, sedangkan likopen menghambat fungsi kemunduran fisik dan mental agar anda tidak mudah pikun. Selain itu, likopen juga mencegah bermacam-macam penyakit kanker. Warna merah pada sayuran juga menandakan bahwa sayuran itu mengandung flavonoid yang berfungsi sebagai antikanker.

3.Jingga atau kuning
Buah berwarna jingga dan semua buah-buahan yang memiliki daging buah berwarna jingga mengandung betakaroten. Di dalam tubuh, betakaroten berfungsi untuk menghambat proses penuaan dan meremajakan sel-sel tubuh. Selain itu juga, betakaroten yang ada di dalam tubuh berubah menjadi vitamin A yang akan memacu sistem kekebalan, sehingga tidak mudah terserang penyakit.

4.Kuning
Buah berwarna kuning kaya akan kalium, unsur nutrisi yang sangat bermanfaat untuk mencegah stroke dan jantung koroner. Sedangkan jenis sayuran yang berwarna kuning diyakini ampuh memerangi katarak, serangan jantung dan stroke.

5.Hijau
Buah berwarna hijau banyak mengandung asam alegat yang ampuh menggempur berbagai bibit sel kanker. Asam alegat membantu menormalkan tekanan darah. Sedangkan sayuran berwarna hijau banyak mengandung vitamin C dan B Kompleks. Selain itu juga besar kandungan zat besi, kalsium, magnesium, fosfor, betakaroten, dan serat. Kekurangan sayuran berwarna hijau menyebabkan kulit jadi kasar dan bersisik.

6.Putih
Meskipun hanya sedikit mengandung antioksidan namun kandungan serat dan vitamin C dalam buah dan sayur berwarna putih relatif tinggi. Selain ampuh menjaga kesehatan sistem pencernaan, sayuran berwarna putih dapat meningkatkan ketahanan tubuh.

MENU PENCEGAH KANKER

Ada beberapa menu pencegah kanker. Beberapa di antaranya adalah :
1. Untuk Anak
• Berikan beberapa tetes klorofil dan campur dengan madu satu sendok makan. Ditambah dengan jus yang dikonsumsi setiap hari.
2. Untuk Wanita :
• Temu mangga direbus dengan jahe. Bisa diberikan gula asam dan gula jawa sedikit. Fungsinya untuk mencegah kanker dan bagi mereka yang sudah terkena kanker, bisa menghambat pertumbuhannya.
• Temu putih bisa digunakan tetapi rasanya sedikit pahit. Temu mangga bisa juga dicampur dengan madu, tetapi campur jika rebusan temu mangga sudah dingin
3. Untuk Pria
• Temu mangga direbus dan dicampur dengan gula. Boleh gunakan gula yang banyak agar rasanya seperti sirup mangga, tetapi penggunaan gula yang banyak tidak direkomendasikan. Untuk mempermanis bisa gunakan gula aren atau jawa atau madu setelah dingin.
Catatan :
• Konsumsi vitamin C dosis tinggi setiap hari
• Konsumsi klorofil atau makanan yang mengandung klorofil. Yang mudah ditemukan adalah cincau.
Makanan yang harus dihindari penderita kanker :
1. Makanan yang mengandung kadar lemak dan protein tinggi seperti daging berwarna merah
2. Daging yang dibakar atau diasap. Hasil pembakaran akan menghasilkan senyawa quinon dan benzopirene yang sifatnya merangsang pertumbuhan sel kanker.
3. Makanan yang digoreng dengan suhu tinggi. Minyak goreng merupakan minyak jenuh dan lemak trans yang berbahaya dalam pembentukan radikal bebas.
4. Daging kaleng
5. Makanan yang telah tercemar racun kapang (mitoksin)
6. Umbi-umbian seperti ubi jalar dan kentang yang sudah bertunas dan bebercak kehijauan di mata tunas.
7. Makanan yang mengandung food additivies. Yang masuk dalam food additivies adalah bahan pengawet, penyedap masakan, pemanis dan pewarna buatan.
8. Ikan asin dan telur asin
9. Sayuran seperti taoge, cabai, bayam, daun papaya dan daun singkong
10. Buah-buahan seperti durian, nangka, kopi dan minuman berlakohol
11. Minuman seperti soda, es, cokelat, kopi dari minuman beralkohol
12. Bahan makanan yang mengandung pestisida.

Makanan yang dianjurkan bagi penderita kanker
1. Sayuran dan biji-bijian : beberapa sayuran dan biji-bijian mengandung zat-zat yang berfungsi untuk mencegah kanker. Karena tiap jenis memiliki kandungan yang berbeda, maka perlu mengkonsumsi sayur atau biji-bijian secara bervariasi. Seperti brokoli, kubis, kubis merah, sawi, lobak, kembang kol, wortel, buncis, daun papaya, daun singkong, bayam, terung, kedelaidan olahannya seperti tempe dan tahu, merica, ketam hitam, jagung atau menir jagung, kacang hijau, dan kacang merah.
2. Lauk Pauk : Yang aman bagi penderita kanker yaitu ayam kampong, ikan teri, telur ayam kampong, tahu tempe, ikan wader, ikan nila, ikan mas, ikan gurami, ikan lele, ikan bawal. Seluruh ikan harus direbus atau dikukus.

Merari Siregar Si Jamin dan Si Johan

Dua Saudara yang Malang

DI TEPI Prinsenlaan*) di Taman Sari, ada sebuah rumah setengah tua, berdinding papan, beratap genting. Bila diperhatikan dinding rumah itu, catnya tidak tentu warnanya lagi dan halamannya yang sangat kotor, menandakan bahwa yang mendiami orang miskin juga.
Di rumah muka tersebut, berdiri seorang perempuan. Mukanya asam saja, tiada sabar rupanya. Sebentar-sebentar ia menoleh ke ujung jalan besar seolah-olah menantikan orang. Tidak berapa lama datang seorang anak laki-laki dengan tergopoh-gopoh. Setelah sampai, perempuan itu menegur dan menyuruh anak itu masuk ke rumah dengan segera. Anak itu masuk dengan diam-diam, diiringkan perempuan itu.
“Jamin, bawa kemari uang yang di kantungmu itu semuanya! Ayo lekas!...Dua puluh sembilan sen? Mesti ada lagi! Ayo lekas!!”
Begitulah suara yang keluar dari mulut perempuan itu. Tangan kirinya ia mengguncang-guncang tubuh anak itu dengan kasar.
Anak itu menangis. Ia berkata, bahwa uang tak ada lagi padanya biarpun satu sen.
“Engkau bohong,” tuduh perempuan itu dengan suara marah,” mesti ada kau sembunyikan. Ayoh, berikan semuanya, lekas!”
“O, o, bagus! Engkau beli nasi enam sen! Biasakanlah begitu! Berapa kali kukatakan, lebih dahulu harus engkau bawa ke rumah semua uang yang kau peroleh! Ingat,ya! Jangan lupa-lupa lagi! Mengerti?” Dan tiap-tiap kali ia membentak, anak itu di pukul dan di tendangnya, sehangga jatuh terguling-guling ke lantai. Kalau sudah demikian anak itu di tinggalkannya menangis di sudut kamar.
Perempuan itu keluar membawa uang. Sebelum menguncikan pintu ia memandang dulu kepada anak yang sedang menangis itu, dengan membeliakkan mata, sambil berkata “Tutup mulut! Kalau tidak...” Ia memutuskan perkataannya sambil mengacungkan tongkat pemukul.
Kota Jakarta*) selain dari penduduknya banyak, nyamuknya pun banyak. Karena itu orang tak hampir dapat tidur kalau tidak memakai kelambu. Pendeknya kelambu itu perlu di tiap-tiap rumah, sekalipun rumah orang miskin. Tetapi didalam rumah itu tidaklah tampak barang yang amat perlu. Selain itu tak ada apa-apa didalam rumah ituyang menarik pemandangan. Semuanya menyempitkan pikiran saja.
“Ah, dia sudah keluar,” kata anak itu sambil bersungut-sungut dan mengeringkan air mata dengan lengan bajunya. Sekali lagi dengarkan baik-baik, benarkah perempuan jahat dan bengis itu sudah keluar? Ya, ia sudah pergi dan didalam rumah itu tak ada lagi orang.

PENTINGNYA MAKANAN SELINGAN

Makanan selingan (bisa juga disebut camilan, kudapan atau snack) tak kalah penting dengan makanan utama bagi anak-anak. Camilan yang sehat bisa melengkapi zat-zat gizi yang mungkin kurang pada makanan pagi, siang, dan malam. Selain itu juga mengisi kekurangan kalori akibat banyaknya aktivitas pada usia balita. Juga dapat berfungsi untuk mengatasi anak yang rewel.
Jika anak kurang suka pada sayur, misalnya, pada camilan bisa dibuat kroket isi sayuran, risoles yang bentuk sayurannya bisa tersembunyi, sehingga anak akan suka. Tidak hanya sayuran, jika anak tidak suka susu, pada camilan bisa dibuat pudding, es campur yang terkandung susu, sehingga gizi anak bisa tetap terpenuhi.
Secara teoritis, kebutuhan anak di usia 4-6 tahun adalah 1.750 kalori dan protein 32 gram. Sementara pada anak 7-9 tahun, dibutuhkan 1.900 kalori dan protein 34 gram. Pola makan yang dianjurkan 3 kali makan yaitu pagi, siang, dan malam, serta 2 kali makanan selingan pagi dan sore.
Camilan yang bernilai gizi akan menambah asupan gizi sehari. Camilan juga diperlukan karena kebutuhan gizi tinggi tetapi kapasitas pencernaan anak masih terbatas. Agar anak tetap bisa mengkonsumsi makanan utama dan camilan, hendaknya diberikan tidak dekat waktu makan sehingga tidak mengurangi nafsu makan. Tentu saja harus bersih dan
apalagi jajanan yang dijajakan di pinggir jalan tidak bisa dipastikan bersih dari bahan tambahan yang berbahaya, seperti borax yang berfungsi sebagai pengempal yang mengandung logam berat Boron. Atau mengandung formalin, pengawet yang digunakan untuk mayat, yang terdapat pada bahan-bahan seperti ini, tahu, ayam potong, serta pewarna seperti Rhodamin B (pewarna merah pada tekstil), d Methanil yellow (pewarna kuning pada tekstil).
Bahan-bahan tersebut dapat terakumulasi pada tubuh manusia dan bersifat karsinogenik yang dalam jangka panjang menyebabkan penyakit kanker dan tumor.

KENDALIKAN KONSUMSI GULA GARAM

Mengkonsumsi garam dan gula secara berlebihan bisa menimbulkan penyakit degeneratif. Agar saat dewasa tidak terlalu banyak mengkonsumsi gula dan garam secara berlebihan, sedari kecil, anak jangan diperkenalkan dengan kedua bahan tersebut. Ketika bayi, mulai dikenalkan makanan padat, kenaikan saja makanan dengan rasa tawar. Semakin bertambah usia, penambahan gula dan garam bisa diberikan.
Ibu memegang peranan penting dalam menentukan pola makan anak. Sejak dini ibu harus mengajarkan baik pola, jenis, atau jumlah makanan yang dikonsumsi anaknya. Mengenai rasa, ketika baru mengenalkan makanan ke bayi, ibu harus memberikan makanan yang tanpa rasa (plain) terlebih dahulu. Hindari garam dan gula pada pemberian makanan pada anak.
Jika sudah kecil sudah diberikan rasa asin atau gula, saat besar akan bertambah konsumsi garam dan gulanya, padahal penambahan garam dan gula tidak boleh berlebihan karena banyak gula yang tersembunyi pada makanan.
Kebiasaan orangtua yang membawa anaknya ke restoran ketika anaknya tidak doyan makan. Ibu akan senang ketika anak menghabiskan sampai tuntas makanan yang disediakan pramusaji di restoran favorit. Ketika anaknya tidak doyan makan lagi, orangtua lagi-lagi membawa anak ke restoran tersebut, sehingga kebiasaan itu terbawa terus sampai remaja atau dewasa. Anak lebih senang makan di restoran ketimbang makan di rumah.
Jika sekali-sekali makan di luar rumah, mungkin bisa dilakukan, tapi jika setiap kali anak tidak doyan makan, langsung dibawa ke restoran, tentunya hal itu bukan solusi terbaik. Akan lebih baik jika makanan yang enak di restoran dihadirkan di rumah dengan memasaknya sendiri.

Manfaat Temulawak

Tumbuhan temulawak (curcuma xanthorrhiza) merupakan tanaman asli Indonesia yang paling banyak digunakan sebagai bahan baku obat tradisional. Selain itu, temulawak merupakan sumber bahan pangan, pewarna, bahan baku industri (kosmetik), maupun dibuat makanan atau minuman segar.
Kandungan kima yang ada di temulawak adalah umbinya mengandung Felladrean dan Turmerol atau yang sering disebut minyak menguap. Kemudian minyak atsiri, kamfer, glukosida, fuloymetik karbinol. Dan kurkumin yang terdapat pada rimpang tumbuhan ini bermanfaat sebagai acnevulgaris, di samping sebagai anti inflamasi (anti radang) dan anti-hepototoksi (anti keracunan empedu). Temulawak bisa digunakan untuk menyembuhkan beberapa penyakit. Bagian yang digunakan adalah rimpang atau umbi akar.
Manfaat sebagai obat :

1) Membersihkan darah
Rimpang temu lawak diiris tipis-tipis, lalu dijemur hingga kering. Rimpang ini diseduh dengan air hangat, kemudian diminum seperti teh. Agar tidak terlalu pahit, sewaktu meminumnya dapat dicampur dengan gula merah.
2) Penyakit eksim
Siapkan rimpang temu lawak sebesar telur ayam dan asam kawak sebesar telur merpati. Masak bahan tersebut dengan 2 gelas air dan ditambahkan sedikit gula aren. Biarkan hingga mendidih dan aimya tinggal 1 gelas saja. Saring aimya dan diminum selagi hangat. Pengobatan ini dilakukan setiap hari selama sebulan.

3) Mengobati penyakit kuning (gangguan pada hati/lever), mengobati demam malaria, dan sembelit serta memperbanyak ASI
Rimpang diparut dan diperas airnya, kemudian diminum. Dapat juga dengan minum air rebusan rimpang temu lawak yang kering.

4) Badan yang terlalu capek karena kebanyakan bekerja atau sehabis jatuh sakit
Ambil dan bersihkan rimpang temu lawak sebanyak 50 g. Parut rimpang sampai halus dan tambahkan air secukupnya, kemudian direbus. Setelah air mendidih, didinginkan, lalu diminum. Lakukan hal ini 2 kali sehari, cukup 1 gelas. Bila perlu dapat ditambahkan madu atau air gula aren agar ramuan lebih enak dan berkhasiat.
Peringatan : penderita sakit ginjal sebaiknya tidak meminum sari temu lawak mentah karena dapat berbahaya.

Sederet Khasiat Pacar Air

Tumbuhan pacar air memiliki nama latin Impatiens balsamina. Tumbuhan ini berasal dari Asia Selatan dan Asia Tenggara. Diperkenalkan di Amerika pada abad ke-19, merupakan tanaman tahunan atau dua tahunan dan memiliki bunga yang bewarna putih, merah, ungu, atau merah jambu. Bentuk bunganya menyerupai bunga anggrek yang kecil.
Sebagai tanaman obat, pacar air memiliki kandungan kimia dan farmakologis yang bisa menyembuhkan penyakit tertentu. Efek farmakologis yang ada pada tumbuhan ini terasa pahit, hangat, sedikit toxic(beracun).sementara kandungan kimia yang ada pada tumbuhan ini terutama yang ada dalam bunga Anthocyanins, Cyanidin, Delphinidin, Pelargonidin, Malvidin, Kaempherol, Quercetin. Dan diakarnya adalah Cyanidin mono-glycoside.bagian-bagian pacar air yang dapat digunakan selain akar dan bunga adalah daun juga bijinya.

Kegunaan :
1.Biji berguna sebagai peluruh haid, mempermudah persalinan (Parturifasien), kanker saluran pencernaan bagian atas.
2.Bunga berguna untuk peluruh haid, mengakhiri kehamilan (Abortivum) dipakai bunga warna putih, pembengkakan akibat terpukul (haematom), rhematik sendi, bisul(furunculolsis), gigitan ular, radang kulit (dermatitis).
3. Daun berguna untuk menyembuhkan keputihan (Leucorrhoea), tulang patah / retak (Fracture), mengurangi rasa nyeri (Analgetik).
4.Akar berguna juga untuk peluruh haid, anti-inflamasi (antiflogistik = anti radang), rheumatic, tertusuk tulang / benda asing di kerongkongan.

Pemakaian Luar :
Pembengkakan, bisul, rheumatic, radang kulit : Lumatkan bunga pacar air segar, tempelkan ditempat yang sakit. Daun juga bias digunakan dengan menempelkan ditempat yang sakit atau direbus, untuk memcuci luka dan daunnya ditempelkan ke tempat yang sakit.

Kontradiksi :
Tumbuhan ini dilarang dikonsumsi wanita hamil

Efek samping :
Pada pemakaian lama, mulut akan terasa kering, mual, nafsu makan menurun.

Jangan Terfokus pada Tes IQ

Jangan pernah berkecil hati jika mendapati hasil tes IQ anak jeblok. Tes IQ hanya salah satu tes untuk mengetahui kecerdasaan logika dan bahasa. Sementara soal kecerdasan, menurut Thomas Amstrong, semua anak memiliki delapan kecerdasan dengan kadar berbeda-beda.
Orangtua perlu mengembangkan delapan kecerdasan majemuk, seperti kecerdasan mengolah kata, cerdas mempersepsi apa yang dilihat, cerdas keterampilan olah tubuh dan gerak, cerdas musik, cerdas dalam sains dan matematika, cerdas memahami pikiran dan peka mengenali perasaan orang lain, diri sendiri, cerdas alam. Jika logika dan bahasa lemah, masih ada enam kecerdasaan yang mungkin menonjol.
Peran orangtua ketika anak masih dibawah umur 7 tahun adalah memberikan sebanyak mungkin stimulasi untuk delapan kecerdasan. Sehingga jika lemah di logika atau bahasa, mungkin ada kecerdasaan dibidang lain, seperti musik. Pada usia tersebut orangtua juga berperan untuk pemograman karakter anak dan membentuk anak jenius.
Tes IQ bisa menunjukkan anak berprestasi di sekolah, namun bukan berarti berprestasi dalam hidupnya. Masih banyak pekerjaan yang tidak berkaitan dan di luar kecerdasan IQ.banyak factor yang mendukung anak sukses. Tinggal bagaimana menggali potensi anak.
Fungsi Otak :
Otak kiri : Otak kanan :
1.kata 1. konseptual
2.angka 2. irama
3.garis 3. gambar
4.analisa 4. warna
5.logika 5. dimensi
6.daftar 6. imajinasi
7.hitungan 7. melamun
8.ingatan jangka pendek 8. ingatan jangka panjang

Bikin Anak Ceria

Tidak hanya sehat dan pintar, orangtua juga harus membuat anak selalu ceria. Anak bisa tumbuh ceria, jika orangtua tidak menjejali dengan larangan dan sering memarahi anaknya. Sementara demi mengoptimalkan tumbuh kembang anak, dibutuhkan nutrisi dan stimilasi yang berbeda-beda pada setiap tahapan usia. Pada 3 tahun pertama merupakan masa penting dalam perkembangan otak, fisik, kesehatan saluran pencernaan, dan tulang. Tahap pertumbuhan ini akan terus berlanjut hingga anak menginjak usia pubertas.
Namun seringkali orangtua merasa khawatir dan pusing menghadapi anak yang tidak doyan makan. Ada 2 faktor yang mempengaruhi anak nafsu makan, yaitu factor psikologis dan organic(berupa kelainan atau gangguan pada tumbuh kembang anak).tapi yang terbanyak factor psikologis. Yang utama, buat waktu makan menjadi waktu yang menyenangkanbagi anak. Selain nutrisi tak kalah penting pemberian stimulasi.
Pendekatan stimulasi yang diberikan harus menggunakan pedoman 4B, yaitu Belai, Bicara, Bermain yang melibatkan aktivitas fisik untuk bereksplorasi dan bergerak aktif, dan Bermain yang melibatkan pikiran untuk merangsang si buah hati dapat berpikir dan mencari solusi. Ikatan emosional dengan anak bisa dating dari seringnya orangtua memberikan belaian, pelukan, bermain sehingga memberikan rasa aman dan perhatian.
Secara psikologis, tahapan perkembangan anak usia 1-3 tahun berbeda dengan anak usia 3-6 tahun. Pada usia 1-3 tahun, anak tengah mengembangkan kepercayaan dirinya. Sedangkan anak usia 3-6 tahun, tengah melatih kemampuannya untuk memilih dan berfikir aktif sehingga stimulasi yang diberikan oleh orangtua pun haqrus presisi.

Museum Wayang Jakarta

1.Sejarah Museum Wayang
Musem Wayang ini persisnya terletak di Jalan Pintu Besar Utara No. 27 Jakarta Barat. Dari jauh sudah kelihatan kalau gedung ini tampak unik dan sangat menarik. Orang bilang, semakin tua sebuah gedung, semakin tampak antik dan menarik.
Gedung ini pertama kali dibangun pada tahun 1640 yang diberi nama ”De Oude Hollandsche Kerk” artinya Gereja Lama Belanda, dan tentu saja difungsikan sebagai Gereja.
Pada tahun 1732 gedung ini diperbaiki dan diganti namanya menjadi ”De Nieuwe Hollandsche Kerk” artinya Gereja Baru Belanda. Gedung ini pernah hancur akibat gempa bumi yang terjadi pada tahun 1808. Kemudian di bekas reruntuhan ini dibangun kembali gedung yang akhirnya dipergunakan sebagai Museum Wayang. Walaupun bangunan ini pernah dipugar, beberapa bagian gereja lama dan baru masih tampak terlihat dalam bangunan ini. Bahkan menurut catatan, di lokasi ini pernah dijadikan makam orang-orang Belanda yang pertama kali datang ke Batavia. Antara lain tokoh Belanda yang menjadi penguasa pertama di Hindia Belanda: “Jan Pieterzoon Coen”. Di depan bekas makam beliau ini juga terdapat berbagai macam jenis nisan dan bentuk tulisannya. Desain dinding dan tulisannya sangat kental dengan Gaya Eropa.
Museum Wayang ini diresmikan pada tanggal 13 Agustus 1975 oleh mantan Gubernur DKI Jakarta yaitu Bapak H.Ali Sadikin. Pada tanggal 16 September 2003 museum ini mendapat perluasan bangunan atas hibah dari H. Probosutejo.
Sebagai orang Indonesia kita sepatutnya bangga karena ternyata Wayang Indonesia telah diakui oleh UNESCO pada tanggal 7 November 2003 di kota Paris, Perancis dengan memproklamirkan Wayang Indonesia sebagai “Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity”.
Hal ini membuktikan bahwa Wayang Indonesia telah diakui sebagai “Karya Agung Budaya Dunia”. Pada kesempatan itu juga secara resmi diserahkan “Piagam Penghargaan UNESCO”, yang juga dilaksanakan di Paris, Perancis pada tgl 21 April 2004.

2.Koleksi Museum Wayang
Museum Wayang memamerkan dan memilki berbagai jenis koleksi dan bentuk wayang dan boneka seluruh Indonesia. Seperti wayang kulit, wayang golek, patung wayang, topeng wayang, wayang beber, wayang kardus, wayang rumput (suket), wayang janur, dan lain-lain. Wayang-wayang dan boneka tersebut ada yang terbuat dari kayu, kulit dan lain sebagainya.
Ada juga wayang dan boneka dari luar negeri misalnya dari Tiongkok, Vietnam, Kamboja, Thailand, Suriname, China, Perancis, Inggris, Polandia, India, Colombia, dll.
Di antara sekian banyak koleksi, terdapat pula koleksi boneka si Unyil, Cuplis, Pak Ogah, Melani, Usrok, Penjahat, Nenek Sihir, Pak Raden, Kinoi dkk. Ada juga boneka Pinokio yang berhidung panjang. Hingga kini Museum Wayang mengoleksi lebih dari 5.400 buah koleksi.

3.Wayang
Wayang dikenal sejak zaman prasejarah yaitu sekitar 1500 tahun sebelum Masehi. Masyarakat Indonesia memeluk kepercayaan [animisme] berupa pemujaan roh nenek moyang yang disebut hyang atau dahyang, yang diwujudkan dalam bentuk [arca] atau gambar.
Wayang merupakan seni tradisional Indonesia yang terutama berkembang di Pulau Jawa dan Bali. Ada versi wayang yang dimainkan oleh orang dengan memakai kostum, yang dikenal sebagai wayang orang, dan ada pula wayang yang berupa sekumpulan boneka yang dimainkan oleh dalang. Wayang yang dimainkan dalang ini diantaranya berupa wayang kulit atau wayang golek. Cerita yang dikisahkan dalam pagelaran wayang biasanya berasal dari Mahabharata dan Ramayana.
Wayang, oleh para pendahulu negeri ini sangat mengandung arti yang sangat dalam. Sunan Kali Jaga dan Raden Patah sangat berjasa dalam mengembangkan Wayang. Para Wali di Tanah Jawa sudah mengatur sedemikian rupa menjadi tiga bagian. Pertama Wayang Kulit di Jawa Timur, kedua Wayang Wong atau Wayang Orang di Jawa Tengah, dan ketiga Wayang Golek di Jawa Barat. Masing masing sangat bekaitan satu sama lain. Yaitu "Mana yang Isi (Wayang Wong) dan Mana yang Kulit (Wayang Kulit) harus dicari (Wayang Golek)".

Museum Seni Rupa dan Keramik

1.Sejarah Museum Seni Rupa dan Keramik

Gedung yang dibangun pada 12 Januari 1870 itu awalnya digunakan oleh Pemerintah Hindia-Belanda untuk Kantor Dewan Kehakiman pada Benteng Batavia (Ordinaris Raad van Justitie Binnen Het Kasteel Batavia). Saat pendudukan Jepang dan perjuangan kemerdekaan sekitar tahun 1944, tempat itu dimanfaatkan oleh tentara KNIL dan selanjutnya untuk asrama militer TNI.
Pada 10 Januari 1972, gedung dengan delapan tiang besar di bagian depan itu dijadikan bangunan bersejarah serta cagar budaya yang dilindungi. Tahun 1973-1976, gedung tersebut digunakan untuk Kantor Walikota Jakarta Barat dan baru setelah itu diresmikan oleh Presiden Soeharto sebagai Balai Seni Rupa Jakarta.
Pada 1990 bangunan itu akhirnya digunakan sebagai Museum Seni Rupa dan Keramik yang dirawat oleh Dinas Kebudayaan dan Permuseuman DKI Jakarta.
Museum Seni Rupa dan Keramik terletak di Jalan Pos Kota No 2, Kotamadya Jakarta Barat, Provinsi DKI Jakarta, Indonesia. Museum yang tepatnya berada di seberang Museum Sejarah Jakarta itu memajang keramik lokal dari berbagai daerah di Tanah Air, dari era Kerajaan Majapahit abad ke-14, dan dari berbagai negara di dunia.

2. Koleksi Museum
Museum ini menyajikan koleksi dari hasil karya seniman-seniman Indonesia sejak kurun waktu 1800-an hingga saat sekarang.
Terdapat pintu besar yang menuju sebuah hall besar, dengan patung Sindudarsono Sudjojono, bapak seni lukis modern Indonesia, di sebelah kiri (sebelah utara) dan patung Raden Saleh Syarif Bustaman, perintis seni rupa Indonesia modern, di sebelah kanan (selatan).
Koleksi Seni Lukis Indonesia dibagi menjadi beberapa ruangan berdasarkan periodisasi yaitu:
Ruang Masa Raden Saleh (karya-karya periode 1880 - 1890)
Ruang Masa Hindia Jelita (karya-karya periode 1920-an)
Ruang Persagi (karya-karya periode 1930-an)
Ruang Masa Pendudukan Jepang (karya-karya periode 1942 - 1945)
Ruang Pendirian Sanggar (karya-karya periode 1945 - 1950)
Ruang Sekitar Kelahiran Akademis Realisme (karya-karya periode 1950-an)
Ruang Seni Rupa Baru Indonesia (karya-karya periode 1960 - sekarang)
Untuk Koleksi seni rupa menampilkan patung-patung sepeti Totem Asmat dan lain-lain. Sedangkan koleksi keramik menampilkan keramik dari beberapa daerah Indonesia dan seni kreatif kontemporer. Selain itu ada juga koleksi keramik dari mancanegara seperti keramik dari Tiongkok, Thailand, Vietnam, Jepang dan Eropa dari abad 16 sampai dengan awal abad 20.
Di ruangan pertama di sayap utara, dipamerkan berbagai benda keramik yang diambil dari sejumlah kapal dari berbagai bangsa yang tenggelam di perairan Indonesia. Dari benda-benda yang dibawa oleh kapal-kapal ini bisa diketahui apa saja komoditas saat itu, jalur-jalur mana saja yang dilewati, dan periode kapal itu melintas di nusantara. Selain itu juga bisa diketahui adanya jaringan perdagangan yang terjadi di Asia pada abad 9-10.
Kebanyakan benda-benda yang dipamerkan di ruangan ini berupa guci-guci yang sudah lapuk dan ditempeli kerang di sana-sini. Selain itu ada juga semacam perhiasan yang berbentuk semacam kelereng yang sudah lapuk dan tidak berbentuk.
Di ruangan ketiga sayap utara, ada sebuah tangga besi dengan ukiran yang sangat indah khas Eropa, berdiri menjulang di tengah ruangan. Yang menarik dari ruangan ketiga ini adalah adanya penjelasan tentang situs Intan shipwreck, salah satu situs kapal tenggelam yang menyimpan ratusan artefak. Yang menarik dari penemuan ini adalah penjelasan tentang sistem pengemasan (packaging) yang dilakukan pada masa itu.
Guci-guci dan keramik lainnya disusun dan disimpan sedemikian rupa ke dalam suatu guci besar. Sistem ini disebut dengan sistem “wadah disimpan dalam wadah”.
Di lantai atas terdapat ruangan yang menyimpan berbagai koleksi keramik dari Cina, Jepang, Arab, dan Eropa. Koleksi ini berupa piring-piring dan alat makan dengan hiasan pola tertentu yang dari situ bisa diketahui periode pembuatannya.
Keramik-keramik dari Dinasti Yuan (abad 14 M) dominan berwarna hijau, keramik dari Dinasti Ming (abad 15) yang bermotif dan dominan menggunakan warna biru, Dinasti Tang (abad 7-10 M) yang kebanyakan polos tanpa motif dengan dominan warna kuning, Dinasti Qing (abad 18 M), Dinastio Sung (abad 13 M), keramik dari Jepang, keramik dari Eropa bergambar hiraldik, hingga keramik Arab abad 19/20 bertuliskan huruf Arab dalam bahasa Melayu.
Di bagian belakang ini merupakan ruang pamer lukisan-lukisan dari berbagai periode.Ruang-ruang pamer dibagi-bagi berdasarkan periodenya. Jadi lukisan yang dipamerkan itu merupakan hasil karya pelukis yang hidup di masa-masa itu. Ruang pertama adalah ruang di masa Raden Saleh hidup (periode 1880 – 1890). Salah satu yang terkenal adalah lukisan yang berjudul “Bupati Cianjur” karya Raden Saleh.
Berikutnya, ruangan-ruangan periode Hindia Jelita (periode 1920-an), Ruang Persagi (periode 1930-an), Ruang Masa Pendudukan Jepang (periode 1942 – 1945), Ruang Pendirian Sanggar (periode 1945 – 1950), Ruang Sekitar Kelahiran Akademis Realisme (periode 1950-an), yang berada di blok sebelah utara dan terakhir Ruang Seni Rupa Baru Indonesia (karya-karya periode 1960 – sekarang) yang berada di satu blok selatan.
Beberapa lukisan terkenal dipamerkan di ruangan ini, antara lain lukisan berjudul “Ibu Menyusui” karya Dullah, “Potret Diri” karya Affandi, “Laskar Tritura” karya S. Sudjojono, dan “Dancing in the Cloud” karya Antonio Blanco.
Di halaman belakang terdapat patung-patung kayu berukiran tottem besar. Pohon sawo dan melinjo nampak menghiasi halaman belakang. Di sayap selatan, tepat di ujung ruang pamer lukisan, terdapat ruang keramik yang memamerkan keramik-keramik dari Asia semacam Thailand dan Vietnam.
Di lantai atas, keramik-keramik yang dipamerkan berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Mulai dari keramik kasongan, keramik Bandung, Kalimantan, dan sebagainya. Kebanyakan keramik-keramik ini terbuat dari tanah liat.
Selain keramik berupa peralatan rumah tangga, juga terdapat karya seni dari seniman-seniman Indonesia. Salah satunya adalah patung bertajuk “Urbanisasi” karya Sri Hartono yang terbuat dari tanah putih tanpa glasir. patung ini menggambarkan segerombolan orang yang menumpang bus untuk pergi ke kota (urbanisasi).

EMPAT KEBIASAAN BIKIN CEPAT TUA

Beberapa kebiasaan tampak sepel, dan sekila terkesan baik bagi kesehatan kita. Namun tanpa disadari ada beberapa kebiasaan sehari-hari yang ternyata berdampak buruk pada tubuh kita, bahkan ada yang mempercepat proses penuaan. Waduh!.
Apa saja kebiasaan yang membuat kita kelihatan menjadi cepat tua itu? Jangan-jangn salah satunya kerap kali anda lakukan. Kami merangkumnya untuk anda dari berbagai sumber dan situs gaya hidup.

1.Meyipitkan mata
Kita kerap kali terpaksa menyipitkan mata ketika harus menahan silau cahaya matahari atau lampu. Gerakan itu sebenarnya reflek saja naum jika hal itu kerap kali dilakukan maka lama kelamaan itu akan membuat kerutan di sekitar mata menjadi lebih dalam dan semakin jelas. Untuk menghindari silau cahaya matahari, ada baiknya pakailah payung jika berada di tempat terbuka saat siang, atau kenakan kacamata penahan sinar untuk meredupkan intensitas cahaya yang sampai ke mata.

2.Luluran
Luluran dengan krim yang dilengkapi butir scrub memang baik untuk membantu memperhaus permukaan kulit. Namun jika dilakukan lebih dari satu kali dalam seminggu, hal itu akan menyebabkan kerusakan pada lapisan kulit dan melemahkan fungsi alami kulit sebagai pelindung. Srubbing sebaiknya dilakukan tidak boleh sering dari dua minggu sekali, dan lakukan dengan sapuan ringan saja pada permukaan kulit. Pijatan yang terlalu keras akan menimbulkan goresan atau bahkan luka dan infeksi pada jaringan kulit. Ini yang membuat kulit menjadi rentan terhadap proses penuaan.

3.Pipet
Apakah anda terbiasa menyedot minuman dari dalam botol atau gelas dengan menggunakan pipet? Ternyata secara tidak kita sadari. Kebiasaan ini akan mengakibatkan kerutan di sekitar mulut menjadi lebih tajam. Solusinya, sesaplah minuman anda dari bibir gelas peralahan-lahan. Tak usah khawatir, anda tetap akan terlihat anggun.

4.Rokok
Bukan hanya racun dan nikotin alam rokok saja yang membuat tubuh anda berisiko menerima berbagai penyakit, kulit di sekitar bibir pun akan terkena akibat dari kebiasaan buruk tersebut. Mereka yang memiliki kebiasaan merokok biasanya memiliki kerutan bibir yang lebih banyak dan lebih dalam dibandingkan mereka yang tidak merokok. So, berhentilah merokok.

Kapan berikan uang saku ke anak?

Perlukah uang bulanan atau uang saku diberikan ke anak?

Uang saku dapat menjadi sarana belajar praktis bagi anak tentang besaran mata uang dan kegiatan ekonomi. “tentu saja pengenalannya bertahap sesuai dengan usia anak”. Tahap paling awal adalah memahami baha jika ingin membeli sesuatu, maka diperlukan uang sebagai alat tukar.
Biasaanya ini dimulai pada usia 2-3 tahun. Selanjutnya anak mengenal aktivitas jual-beli, kenal nominal dan bentuk uang, kemudian paham nilai mata uang. Di usia SD biasanya anak sudah mulai dapat menghitung kembalian dan paham nilai relatif suatu barang, mahal atau murah.
Uang saku bisa mulia diberikan pada anak usia SD. Tujuannya macam-macam. Bisa untuk memenuhi kebutuhan konsumsi selama di sekolah atau meluas pada keperluan sehari-hari anak, misalnya transportasi, beli buku, dan lainnya.
Semuanya tergantung kebijaksanaan orangtua dan kesepakatan dengan anak. Nantinya anak akan belajar untuk membelanjakan uangnya dengan cara yang bijak, tentunya dengan panduan dari orangtua.
“lamanya waktu misalnya mingguan atau bulanna, orangtualah yang menentukan, sesuai dengan kemampuan anak, yang sangat penting adalah monitoring dan bimbingan orangtua dalam melatih anak mengelola uangnya.
Sementara kartu kredit dapat diberikan jika memang diperlukan, misalnya anak tinggal terpisah dari orangtua. Tentu saja, orangtua harus yakin bahwa anak sudah dapat mengelola keuangannya dengan baik.
Anak sudah bisa diberikan kartu kredit sedini mungin, tentunya dengan limit yang sudah ditentukan, agar jika terjadi kesalahan dalam penggunaan uang, hal itu sudah terjadi ketika masa anak-anak bukan ketika dewasa.
Dengan demikian anak bisa belajar dari kesalahan pengelolaan keuangan. Daripada baru diberikan ketika dewasa dan dia tidak pernah belajar bagaimana caranya menggunakan kartu kredit secara benar.

Kuncinya Stimulasi dan Komunikasi

Agar daya khayal anak bisa bisa bermanfaat dan tidak menguap di tengah jalan, orangtua perlu mengambil peran dalam memberikan stimulasi sejak dini. Daya khayal sudah dimiliki anak sejak berusia 2 tahun (tahap pre operasional). Di usia tersebut, anak sudah mengetahui fungsi asli suatu benda misalnya, gelas untuk minum. Sehingga anak seringkali menunuk gelas dengan sebutan minum.
Usia 4-7 tahun (konkret operasional), saatnya anak bermain role play (bermain peran). Anak sudah bisa membayangkan ketika melihat benda berbentuk lingkaran, yang terbayang stir mobil. Daya khayal anak bisa berkembang dan bisa diperkuat dengan kreativitas.
Peran orangtua adalah memberikan stimulasi yang beragam kepada anak. Misalnya memberikan mainan puzzle yang menantang, mendatangi tempat-tempat yang berbeda untuk mengenal lingkungan yang berlainan, mengajak nonton tontonan edukatif, serta kmunikasi.
Setiap ada tayangan atau apapun, orangtua bisa mendiskusikan dengan anak mengenai hal itu. Misalnya anak ingin terbang. Ketika anak mengutarakan hal itu, bisa di komunikasikan dengan anak bahwa ada hal-hal yang tidak mungkin karena berbahaya.
Namun tentu saja dalam berkomunikasi jangan memotong pembicaraan atau daya khayal anak. Biarkan anak mengutarakan dulu. Jika memang ada daya khayal yang tidak masuk akal, diskusikan bersama bagaimana caranya agar kesulitan itu bisa dipecahkan. Untuk melatih itu, permainan puzzle sangat disarankan karena anak terbiasa memecahkan masalah (problem solving).

Terapi Baru Hentikan Rokok

Memblok Kerja Nikotin di Otak

Hampir setiap perokok menyadari kerugian dan bahaya yang di hadapi sebagai akibakat dari kebiasaan buruknya. Rata-rata perokok juga pernah berusaha untuk berhenti. Namun efek ketagihan nikotin yang sudah terlanjur terekam memori otak mengakibatkan seseorang kembali terjerumus dalam cengkeraman tembakau.
Dua faktor yang sangat berpengaruh pada keberhasilan atau kegagalan seseorang untuk berhenti merokok. Semakin dini orang mengenal rokok dan makin banyak jumlah rokok yang diisap setiap hari. Menentukan tingkat ketergantungan yang makin besar pada nikotin.
Efek adiktif nikotin sesungguhnya sangat kuat, bahkan lebih kuat dibandingkan obat-obat narkotika, dan itu yang membuat usaha untuk berhenti merokok kerap mengalami kegagalan, terutama jika kecanduannya sudah masuk tingkat berat.
Itu semua karena nikotin yang dilepaskan rokok biasanya melekat pada reseptor (sel penerima rangsangan) di otak yang disebut alpha4 betha2. Hal itu mencetuskan keluarnya dopamine, enzim yang menimbulkan perasaan nyaman dan gembira pada seseorang. Ketidakhadiran nikotin akibat putus rokok mengakibatkan seseorang kehilangan efek menyenangkan.
Metode terapi farmatotogi untuk membantu mengatasi kecanduan nikotin itu baru masuk ke Indonesia tahun lalu. Obat dengan kandungan varenicline tartrate yang dikonsumsi setiap hari sebanyak dua butir, bekerja dengan cara menempel pada reseptor otak yang sama yang biasanya di singgahi nikotin. Obat ini memblok kerja nikotin di otak, sehingga orang tidak lagi merasakan kenikmatan merokok.

Ibu Harus Pandai Mengatur Makanan

Ibu memegang peranan penting dalam mengatur jalannya sebuah keluarga, termasuk mengatur makanan, terutama bagi anak-anak. Tujuannya agar anggota kelurga menjadi sehat sepanjang usia. Caranya antara lain dengan mengatur pola makan sehat, yang mencakup jumlah sesuai kebutuhan, jadwal yang teratur 3 kali sehari, dan jenis yang bervariasi.
Biasanya anak sulit untuk makan sehinnga menjadi kurus, atau sebaliknya obesitas ( kelebihan berat badan). Keduanya sama-sama tidak sehat. Untuk menghindari terjadinya keadaan itu ibu harus pintar mengatur makan untuk anak-anaknya.
Pada anak yang sulit makan, ibu harus kreatif memberikan variasi makanan agar anak mau makan dirumah. Jangan kalah dengan jajanan diluar rumah. Sementara jika anaknya obesitas, ibu jangan memberikan makanan yang bervariasi, agar konsumsi makan anak tidak berlebihan dan nafsu makan tidak berkurang.
Ibu yang memiliki bayi agar jangan mengenalkan gula dan garam terlalu dini. Maksudnya agar kelak dewasa tidak terlalu terbiasa mengkonsumsi banyak gula dan garam yang terbukti menyebabkan penyakit jika digunakan berlebihan.
Konsumsi gula idealnya rata-rata 3 sendok perhari. Padahal banyak gula yang bersembunyi didalam makanan. Contohnya seperti kue, nasi, buah atau minuman ringan lainnya. Untuk konsumsi buah, seharusnya perhari dibutuhkan 5 porsi buah dan sayur.